25 Mar 2015

Yangnyeom Tongdak : Ayam Goreng Pedas Manis ala Korea

Weekend kemarin kebetulan mama lagi liburan bersama teman-teman pengajiannya keliling pulau jawa yang berujung sampai di  Madura. Otomatis di kala libur aku pasti sempetin masak dirumah untuk di makan bareng-bareng dengan papa dan adek.

Inget cerita drama korea dengan berbagai masakannya yang terdengar unik dan bahkan menggiurkan. Kali ini setelah search sana-sini ketemulah resep Yangnyeom Tongdak di blog mba heni, www.clumsyliciouskitchen.wordpress.com. diliat resepnya mudah sekali, dan sangat bikin ngilerrr….

Yangnyeom Tongdak dalam artian dari Wikipedia yaitu merupakan ayam goreng atau ayam yang dibumbui ala Korea. Yang di konsumsi sebagai makanan cepat saji di bar atau sebagai camilan setelah makan di korea.

Jelas ayam goreng atau ayam yang dibumbui versi korea ini sangatlah berbeda dengan ayam goreng versi amerika. Ayam yang di goreng dua kali ini menghasilkan kulit si ayam menjadi renyah dan tidak berminyak. Dan seringkali di sajikan bersama dengan lobak acar, bir dan soju.

Jadi makin tertarik buat nyobain si ayam goreng pedas manis ala korea ini kan, yuukk cuss ke dapur.


















Yangnyeom Tongdak :
Ayam Goreng Pedas Manis ala Korea

Bahan:
100 gram fillet ayam, dipotong-potong
1/2 sdt garam.
1/2 sdt lada bubuk.
2 sdm tepung beras.
2 sdm tepung terigu
1 sdm tepung tapioka.
1 sdm tepung maizena.
Sejumput baking powder.
1 butir telur.
Olive Oil untuk menggoreng.
1 sdt wijen sangrai untuk taburan, yang sudah di sangrai.

Bahan saus:
1 sdm Olive Oil.
4 siung bawang putih diparut.
2 sdm pasta cabai Korea atau gochujang
1 sdm saus tomat botolan.
1 sdm madu.
1 sdm perasan air jeruk nipis.
1 sdt gula pasir.

Bahan gochujang:
4 sdm cabai merah bubuk.
8 sdm cuka.
4 sdm gula pasir.
4 sdm kecap asin encer.
4 sdm bubuk bawang putih.
2 sdm tepung ketan putih.

Cara membuat gochujang:
1. Campur semua bahan kecuali tepung ketan, aduk hingga rata dan gula larut.
2. Terakhir tambahkan tepung ketan putih.

deuh maap yaak..itu kompornya keliatan jeleknyaa :p


Cara membuat:
1. Campurkan garam, lada, semua jenis tepung, baking powder, dan telur, aduk rata.
2. Masukkan ayam yang sudah dicuci bersih ke dalam adonan sambil diremas-remas, lalu di diamkan minimal 15 menit agar bumbu lebih meresap.
3. Panaskan wajan lalu tuang Olive Oil, kemudian goreng ayam dengan api sedang hingga setengah matang.
4. Angkat dan tiriskan, lalu diamkan 15 menit.
5. Goreng ayam kembali agar didapat ayam goreng yang lebih kriuk dan kecoklatan tentunya sampai matang..
6. Angkat dan sisihkan.
7. Tumis bawang putih hingga harum dengan Olive Oil.
8. Masukkan gochujang, saus tomat, madu, perasan jeruk nipis, dan gula pasir, aduk rata hingga saus mengental.
9. Masukkan ayam goreng, aduk-aduk hingga ayam terlumuri saus hingga rata.
10. Angkat dan sajikan dengan taburan wijen sangrai.



Walau Yangnyeom Tongdak ini dijadikan cemilan setelah makan. Tapi dimakan bersama nasi hangat enaak sekali. Bahkan papa-ku setelah nasi-nya habis malah gado-in ayamnya berdua si adek. Senengnya deh kalo masak tapi banyak yang suka.

Sering ada yang tanya apa sih bedanya goreng-goreng pakai minyak biasa dengan Olive Oil?
well, Olive Oil itu bukan sekedar minyak biasa, kandungan minyak yang didapat dari buah zaitun ini banyak sekali manfaatnya yang pernah aku tulis beberapa rahasia Olive Oil untuk kesehatan. 

Selain itu Extra Light Olive Oil cocok digunakan untuk menggoreng, Olive Oil untuk memasak dan Extra Virgin Olive Oil untuk dituangkan langsung ke piring ketika makan, bisa juga langsung dicampurkan kedalam minuman jus. Ada banyak tips lainnya seperti mengkonsumsi Olive Oil secara teratur dapat membantu menjaga kadar kolesterol rata-rata. intip terus tips-tips manfaat seputar Olive Oil di twitter @OliveOil_ID dan Fanpage Bergabunglah di Revolusi Oil Oil.


Nah, salah satu ide makan malam praktis dengan Olive Oil-pun sudah aku share.
Penasaran rasanya seperti apa?.. yukk buat dirumah.

20 Mar 2015

Tumis Cumi Cabai Merah Hijau - Penggugah Selera Makan

Sabtu ceria..walaupun belakangan ini lagi sering-seringnya hujan. Dikira musim hujan udah lewat tapi kayaknya musim hujan kembali lagi nih. Kaya gebetan yang tiba-tiba clbk sama mantanya #ehapasih #krik-krik…hahhaha.

Weekend kemarin, lagi mau main-main ke daerah tangerang. Ketemuan sama adi, tadinya sih mau ke bogor tapi gak jadi, atau mau main kerumah salah satu kerabat kami di Pegasus tapi tetep gak jadi juga. Kebanyakan rencana sih, makanya jadilah rencana tinggal wacana aja. Akhirnya daripada ambil resiko di sabtu cerah cerita yang suka mendadak hujan ini, mending main-main kerumah adi. Tapi akhirnya sih kita berdua melipir main kerumah ci dina, kakaknya adi.

Kebetulan sampai disana telah memasuki jam makan siang, ternyata ci dina lagi masak-masak. Ada salah satu menu yang menarik perhatian saya. Bentuknya yang kecil-kecil menggemaskan dengan warna putih ke-merah mudaan. Dipadu dengan warna-warna merah dan hijau justru makin cantik dan menggugah selera. Gak Cuma tampilanya aja yang cantik. Rasanya juga mantaaapp..






Penasaran, yukk kita buat :

Tumis Cumi Cabai Hijau Merah

Bahan :
250 gr cumi telur asin, bersihkan
3 buah cabai merah, potong-potong
6 buah cabai rawit merah, potong-potong
5 buah cabai hijau besar, potong-potong
3-4 siung bawang merah, cincang kasar
1 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 cm Jahe, memarkan
Garam, secukupnya
Gula, secukupnya
1 sdm kecap manis
1 batang sereh, memarkan
Olive Oil

Air, secukupnya



Cara Membuat :
  1. Panaskan wajan lalu tuang Olive Oil kemudian tumis bawang merah, lengkuas, jahe, batang sereh dan daun salam hingga wangi.
  2. Masukkan cabai merah dan cabai hijau, aduk rata hingga setengah layu.
  3. Masukkan cumi, garam, gula, kecap manis dan air secukupnya. Masak hingga matang
  4. Angkat dan sajikan

Awalnya aku kira masak yang berbau seafood itu ribet dan makan banyak bumbu. Tapi ternyata untuk buat hidangan dengan berbahan dasar seafood seperti cumi, yang merupakan temennya sponge bob. Dengan bumbu-bumbu sederhana dan dimasak dengan simple bisa jadi sajian favourite untuk keluarga.

Apalagi kali ini tumis cumi cabai hijau merah gak sendirian terhidang di meja makan.Ditemani dengan sayur asam, tempe dan tahu goreng. Udah kebayang donk makan siang kita kali ini. Komplitttt enaknyaa kan… hihihi.



Senengnya ci dina berbaik hati buat aku recokin di dapurnya, diajarin masak cumi juga. Jujur aja baru kali ini masak cumi. Kan dah aku bilang kalau masak ce-cumi-an pasti bakalan ribet. Tapi, kalau udah tau step-step pembuatan dan rasanya yang enak kaya gini, pasti udah gak ragu lagi untuk buat dirumah sebagai sajian bersama keluarga. Apalagi sekarang untuk tumis menumis, dan goreng menggoreng udah pakai Olive Oil. Gak Cuma itu menambahkan Extra Virgin Olive Oil langsung pada makanan juga akan menambah kenikmatan dan kelezatan makanan tersebut.

Seputar Olive Oil kamu bisa temukan di fanpage mereka di Bergabunglah di Revolusi Olive Oil atau stalkerin timeline-nya di twitter @OliveOil_ID. Untuk sehat jangan ditunda.. ^^





“Hidup tidak sekedar menjadi hidup, tapi menjadi baik” – Marcus Valerius