17 Apr 2015

Tai Parfait - Taiyaki Manis Menggoda di Gandaria City

Setelah mengetahui ada tempat jajanan asik di Mall Jakarta Selatan. Akhirnya pada kesempatan yang galau ini, setelah pulang kerja sengaja lewatin untuk mampir makan disini. Sebuah tempat makan dessert lucu yang mirip seperti street food di Jepang. Akhirnyaa ada juga yah di Jakarta. wohooooo..!

Tempatnya persis seperti ada ditengah antara Eat and Eat dan disebuah restaurant seberangnya. Tertuliskan huruf kanji dan pengucapan bahasa indonesia pada papan nama tempat makan tersebut. Tai Parfait namanya, Taiyaki Manis Menggoda di Gandaria City. Tidak banyak tanya lagi, langkah kaki gw dengan sigap langsung mampir ke meja pemesanan & pembayaran alias mbak kasir.





Tai Parfait, adalah taiyaki atau pancake berbentuk ikan yang di-isi dengan ice cream, mungkin konsepnya hot and cold kali yaaa. Ada beberapa macam pilihan rasa ice cream serta topping yang ditawarkan. mulai dari ice cream strawberry, chocolate, vanilla dan green tea. Serta toppingnya berupa red bean, vanilla, green tea, strawberry, chocolate, custard dll.



Berhubung gw suka banget sama green tea, akhirnya gw pilih paket green tea dengan red bean. Karena menurut rekomendasi embak-nya ice cream green tea cocok dengan isian red bean atau vanilla. so inilah pilihan gw. satu porsinya seharga Rp.45.000,-




Rasanya enaaakk bangettt..plis gak usah ditanya ya, udah deh mending langsung coba aja. Green tea-nya berasa banget. dan kulit wafflenya itu emang agak kenyel gitu sih (gw kira belum mateng, ternyata bukan) jadi jangan ngebanyangin kalau teksturnya itu bakalan garing yaa. hahahha..

Gak usah bingung untuk makan dimana, kalau disini ada beberapa tempat duduk yang sudah disediakan untuk dinikmati langsung ditempat. Kebetulan saat itu gak rame-rame banget dan gak sepi juga sih. Jadi gw dengan bebas bisa duduk dimana aja dan bisa mengambil gambar disini. Soalnya rada malu kalo lagi hunting makanan terus photo-photo tapi sendirian. Agak tengsin gitu. Tapi semuanya pun sirna, disini modal pede aja photo sana-sini gak peduli kata orang apa. Sampe-sampe pas mau photo ikan yang berjajar di etalase dan (sedikit) keseluruhan tampilan Tai Parfait, gw minta izin dulu sama si embak-nya, biar enak aja gitu. Kali aja dia gak suka kalau sampai masuk dalam frame. dan setelah itu gw pergi. mahahahhahahah.




Oiya mungkin saat itu sedang promosi kali yaa.. karena setau gw Tai Parfait baru dibuka sekitar bulan januari 2015, makanya pas melakukan pembelian, selain mendapatkan kartu cap yang bisa ditukarkan kembali dengan menu yang tertera secara free. Tentunya dengan melakukan pembelian berkali-kali atau yang telah ditentukan. Gw juga mendapatkan voucher but 1 get 1 sampai tanggal 30 maret 2015.



Yang suka makanan unik ala jepang bisa nih mampir kesini untuk nyobain Tai Parfait dengan isian sesuai selera, Tanpa perlu jauh-jauh ke jepang. hahahha. *eh tapi semoga bisa ngerasain langsung Tai Parfait di Jepang-nya, aamiiiinnn*



Salam makan-makan manis... ^___^




15 Apr 2015

5 Daftar Masakan Indonesia Ter-Favourite ala gue

Gemah ripah loh jinawi, sebuah ungkapan yang lekat untuk suatu negara yang terdiri dari 34 Provinsi dan mempunyai beragam bahasa dan budaya namun tetap satu kesatuan yaitu Republik Indonesia. 

Selain keragaman budaya dan bahasa, Indonesia juga memiliki beragam kuliner dari sabang sampai merauke. Walau belum banyak yang gw sempat cicipi tapi setidaknya masakan Indonesia emang bikin kangen. Rasanya sulit untuk mendaftarkan ke-lima masakan nusantara ter-favourite, tapi akan gw coba untuk mengenalkan masakan nusantara pilihan gw (merasa kaya on the spot banget, hahahha)

cekidot :


1. Mie Aceh





Mie yang berwarna orange atau kekuningan dengan tekstur kenyal dan bervolume sedikit besar dari mie pada umumnya ini memang patut masuk dalam list masakan indonesia ter-favourite. Masakan khas dari bumi serambi mekkah yang dimasak dengan beragam bumbu rempah, sayuran seperti taoge, kol dan tomat serta hidangan laut seperti udang, cumi dan kepiting. Dalam penyajiannya-pun Mie Aceh terdiri dari dua pilihan yaitu Mie Aceh Goreng, Rebus dan Siram. Tidak lupa untuk menambahkan emping, bawang goreng dan kacang sebagai pelengkap. Dari 3 jenis Mie Aceh yang ditawarkan, gw lebih suka yang di siram. Karena kuahnya gak terlalu banyak dan juga gak terlalu kering seperti di goreng, jadi agak nyemek gitu. sluurrrrpp...!

Salah satu tempat makan yang menyediakan Mie Aceh yang enak menurut lidah gw yaitu di Kedai Kopi Aceh yang ada di daerah Puri. Jujur walau belum sempat merasakan Mie Aceh sesungguhnya langsung dari Aceh, setidaknya tempat ini mewakili kenikmatan sebuah rasa dari Mie Aceh tersebut. 



2. Rendang




Menurut hasi riset CNN, rendang termasuk dalam daftar 50 makanan terenak di dunia. wohoooo.. Indonesia khususnya Padang patut bangga. Karena salah satu makanan nusantara berhasil memikat dunia. Terbukti bahwa sudah banyak sekali Rumah Makan Padang berserakan dijalan, baik skala besar maupun kecil. Terlepas dari itu, Nasi putih hangat dengan daging rendang akan membuat nafsu makan meningkat berkali lipat. Bumbunya yang meresap hingga ke-daging, dengan rasa pedas dan guriih akan membuat kamu nan jauh disana untuk merindukan masakan yang satu ini.

Salah satu tempat yang paling sering didatangi untuk mencicipi Nasi Padang dengan berbagai macam lauk-pauk yang terhidang langsung di meja yaitu Restoran Sederhana cabang Cilandak. Jangan harap mendapatkan langsung tempat duduk untuk menikmati hidangan dari Sumatera Barat ketika jam makan siang, penuuhh bok..!



3. Ayam Betutu




Gw fans berat ayam, karena lebih memilih makan ayam daripada ikan. Lebih suka ayam digoreng garing daripada ikan digoreng kriuk. Tapi menurut gw ayam di olah bagaimanapun tetep menarik minat gw untuk langsung melahapnya. Terutama Ayam Betutu khas Gilimanuk. Sesuai namanya makanan khas yang berasal dari daerah Gilimanuk, Barat laut Pulau Bali. Yang dimasak dengan berbagai bumbu kemudian dipanggang dalam api sekam. mampu menciptakan cita rasa yang mungkin tak pernah anda lupakan, seperti cinta pertama. tsaaah...

Bagi pecinta pedas, Ayam betutu khas Gilimanuk wajib masuk dalam daftar masakan nusantara yang harus dicicipi. Jangan sekali-kali ketika menyantapnya menggunakan sendok dan garpu karena akan meruntuhkan nilai-nilai kenikmatan, rasakan bagaimana seluruh jari terlumuri bumbu, kemudian menjilatinya satu persatu. terkesan jorok yaah, ah biarlah tapi nikmat kok.

Berkat informasi lengkap dari Zomato akhirnya bisa juga melipir ke restaurant Ayam Betutu khas Gilimanuk, yang berada di Senopati.


4. Crispy Duck




Hidangan yang satu ini jangan pernah diabaikan. Bagi yang gak suka berarti gak bisa menikmati makanan syurgaa dunia, apalagi yang belum pernah coba, mending buruan deh icip keburu menyesal dikemudian hari karena baru merasakan makanan khas Bali yang satu ini. Awalnya gw agak underestimate sama yang namanya "bebek" karena akan amis, daging bebek itu sedikit, serta tulangnya keras (gak bisa lunak) dan kulitnya yang kelewat kenyal kaya karet ban. Seketika semua penuduhan tak bersalah tersebut sirna, sampai pada akhirnya gw nyobain The Original Crispy Duck, yang disajikan dengan sayuran khas bali, nasi putih hangat dan berbagai macam sambal, diantaranya sambal matah. Dagingnya lembut, kulitnya garing, dan kalau di colek dengan sambal matah rasanya tiada tara, gak nyangka kalau ternyata bebek se-enak ini. hahahaha...

Salah satu tempat makan rekomended yang menyediakan The Original Crispy Duck adalah Bebek Bengil cabang Menteng. Walau belum sempat mampir ke-rumah makan yang sudah didirikan sejak tahun 1990 di Ubud, Bali. Setikdanya rempat-rempah yang berhasil memikat selera makan gw dapat terobati.


5. Sop Konro / Konro Bakar




Kali ini kita menjelajahi kuliner tradisi Bugis dan Makassar. Konro yang berarti Iga merupakan berbahan dasar daging iga sapi atau kerbau. Dalam penyajiannya bisa dimasak sup atau bisa juga dibakar. Kuah yang berwarna hitam pada sup konro berasal dari buah kluwek yang mempunyai cita rasa berlimpah rempah-rempah. Selain itu bisa disajikan dengan di bakar dengan bumbu khas konro dan kuah terpisah. Konon konro adalah sajian istimewa bagi keluarga kerajaan Makassar, gak heran kalau konro memiliki ciri khas yang istimewa dibandingkan makanan berkuah lainnya di Makassar. dimakan bersama nasi putih dan sambal serta pasangan, menambah syahdu makan siang. 

Di Mamink Daeng Tata yang ada di Tebet, tempat makan rekomendasi kuliner Makassar yang kalau lagi lewat mending mampir deh, lumayan-kan sembari menunggu macet yang tak kunjung selesai.




Aplikasi Zomato, membantu gw untuk menemukan masakan Indonesia yang selama ini di-kangen-in. dan dari ke-lima informasi masakan Indonesia ter-favourite ala gw, mampu membuat jarum timbangan lari ke-kanan.
Jangan coba-coba untuk diet, karena bakalan gagal bok, *ngaca* hahaha..


Apa sih Zomato?

Sebuah panduan pencarian restaurant online dan mobile yang menyediakan infomasi secara lengkap untuk lebih dari 370,000 restaurant di 22 negara. Pengguna dapat menemukan menu, photo, dan koordinat dari setiap restaurant, yang akan memudahkan pengguna untuk menemukan dan mengulas restaurant serta berinteraksi antar Foodie lainnya. Pada iOS maupun Android, sudah tersedia aplikasi Zomato yang siap mendampingi untuk memilih restaurant favourite atau bahkan yang belum pernah di kunjungi sekalipun. Pada tanggal 06 November 2013, Zomato secara resmi membuka operasionalnya di Jakarta - Indonesia dengan lebih dari 12,000 daftar restorant. Sedangkan pada September 204, Zomato telah membuka kota baru yaitu Bali.

Adanya Zomato, semakin memudahkan para pecinta kuliner untuk membagikan pengalaman bersantap di restaurant pilihan, serta sebagai acuan untuk pemburu makanan untuk memulai perjalanan kuliner di seluruh Jakarta dan Bali.

Mari Majukan Kuliner Nusantara... ^_^

Salam makan-makan




*all photo credit by Google and
editing by me