DONAT KENTANG

Dari malem minggu pun dah binggung mau buat American risoles apa donut kentang, tapi berhubung dari jauh-jauh hari bunda ngajakin bikin donat kentang, yaaa terpaksa deeh jadinya bikin donat.
Hari minggu telah tiba, tumben lho aku bangun pagi…(semangat baking nya lagi membara niii…hahha). Pagi-pagi beres-beres rumah terus nyetrika baju yang uda segunung, selesai nya jam 2 siang. Secara bahan uda di beli tanpa merasakan lelah abis setrika baju yang banyaakk…(ahahha lebay) aku pun langsung menuju dapur mempersiapkan dan menakar bahan-bahan yang akan di gunakan. Kukiraa di layar datar dan bussines file ku ini menyimpan resep donat kentang, tapi ternyata aku ga nyimpen, yasudaa mumpung punya HP marilah kita searching resep kilat..hihihih…

Eitss….seperti biasa daku bingung lhoo.. mau buat donat ala j.co apa donat kentang. Yaa… hmmm.. yg penting persiapin bahan inti nya lah. Setelah semua siap. Mama pun terbangun dari tidurnya dan nengokin dapur. Karna emang kekeh pengen buat donat kentang yaa sudaaa mama sendiri yang rebus kentangnya tapi aku yang melumatkan kentangnyaaa.. J aku suka melakukan semuanya sendiri.
Semua bahan telah siap..


Ini resep nya aku ambil dari blog-nya raviza munaya (tapi aku sedikit tak mengikuti resep)

Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi (aku tambah -+ 250 gr tepung terigu protein sedang)
11 gr ragi instant
50 gr susu bubuk ( aku pake 200 ml susu full cream)
200 gr Kentang kukus, Haluskan dan dinginkan (aku pake 3 buah kentang yang uk.sedang)
100 gr gula pasir
75 gr mentega
½ sdt garam
4 butir kuning telur
100 ml air dingin (aku ga pake karna uda pake susu full cream UHT)

Cara membuatnya :
  1. Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, ragi instant, susu bubuk, aduk rata. (karna ga pake susu bubuk jadi semua bahan diatas aku campur kecuali susu bubuk yaa…). Kemudian masukkan kentang yang sudah di haluskan, tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis. ( berhubung aku ga pake air dingin pada sesi ini baru aku masukkan susu, sedikit demi sedikit masukkan susu nya).
  2. Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kain elastis (wuaaahahah…cape jugaa ni ulenin nya) dan istirahatkan 15 menit.
  3. Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan dan diamkan hingga 20 menit hingga mengembang (kalo aku di kira-kira aja bullet-buletin nya hehehee…..)
  4. Lubangi tengahnya membentuk donat, dan segera goring sampai kuning kecoklatan
  5. Angkat, tiriskan. Taburi gula donat atau hiasi donat dengan selai dan coklat, sesuai selera. (kalo aku cukup taburi gula donat aja hehe abis males…hiihhi)



Tips sukses membuat donat kentang :


  1. Siapkan semua bahan terlebih dahulu, tanpa ada yang boleh ketinggalan sedikit pun termasuk garam sekalipun.
  2. Ingat aturan roti, ragi ga boleh ketemu garam dan atau mentega yaaa… nanti ragi-nya mati. Gak mau mengembangkan adonan. Garam dan mentega masuknya setelah adonan setengah kalis.
  3. Haluskan kentang sampai benar-benar halis, kalau perlu pakai blender.tapi aku pribadi si aku tumbuk pake ulekan cabe yang di alasi plastic J, supaya adonan licin dan gak gradakan.
  4. Setelah halus dinginkan kentang sebelum di buat donat. Terus kalau tidak dalam keadaan dingin waaaahh….!! Raginya bisa langsung mati deh.
  5. Buat adonan hingga kalis elastis, ikuti step by step pada resep, hingga ketika di bulatkan permukaannya halus licin. Bulatan yang halus dan licin akan membentuk donat yang bulat dan cantik ketika digoreng / merekah.
  6. Istirahatkan adonan lk.20 s/d 30 menit (tergantung cuaca), tutup dengan plastic supaya permukaannya tidak kering. (tapi aku pribadi tutupi pake kain serbet, hehehe).
  7. Lubangi bagian tengahnya menggunakan sumpit, buat geraklan memutar pada lubang donat ketika donat mulai di goreng dan merekah, agar bentuknya membundar cantik. Gerakan memutar (sentrifugal) akan membantu terbentuknya donat yang bundar.
  8. Goreng dengan panas sedang (supaya donat matang sempurna sampai kebagian dalam) bila salah satu sisi sudah kuning kecoklatan. Segera balik, teruskan menggoreng sampai kedua sisi coklat. Angkat dan tiriskan.

Donat ku berhasil. Walau bentuk nya kurang sempurna dan sempet ada yang gosong dan tangan kecipratan minyaknya, fuih..fuih… tapi empuk mpuk…mpukk semua suka, semua senang, semua bahagia hehhe….dan sempet aku bawa ke kantor juga besok pagi nya. Abiss… juga dan laku lho hehehe senengnya. Dan donat ku pun masih tetep empuk..mpuk..mpuk.. hehehe




Label: ,