Ayam Goreng Sambal Olive Oil Penyet


Ayam merupakan salah satu makanan favourite di keluarga, apalagi aku dan ade. Ayam diapain juga sukaa banget, asal jangan ayam masih hidup aja hihihi.. kali ini ingin merasakan sensasi ayam goreng dengan sambal yang extra bikin merem melek. Ayam penyet ini konon berasal dari suroboyo, jawa timur. Kenapa bisa muncul dengan nama ayam penyet, karena si ayam di “penyet” alias di tekan sampai memar diatas cobek yang berisi sambal.
Resep yang aku buat, disadur dari sajiansedap.com dan ada beberapa bahan yang aku kurangi dan tambah. Berhubung udah laper, yuukk cuss ke dapur kita buat untuk makan siang ^_^




Ayam Goreng Sambal Olive Oil Penyet

Bahan :
1 ekor ayam negri, potong menjadi 6 bagian
2 lembar daun salam, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
6 lembar daun jeruk, buang tulangnya
1 sdm garam
½ sdt gula pasir
1 ½ sdm air asam jawa
300 ml air
Olive Oil untuk menggoreng

Bumbu Halus :
100 gr bawang merag
4 siung bawang putih
4 butir kemiri, sangria
2cm kunyit, bakar
1 sdt ketumbar
½ sdt jinten
Bahan Sambel :
1 buah tomat, potong-potong
5 buah cabai keriting
2 buang cabai merah besar
8 buah cabai rawit merah
3 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 sdt terasi
1 sdt garam
½ sdt gula pasir
Extra Virgin Olive Oil

Bahan Pelengkap :
Daun selada
Tempe
Tahu
Ketimun, dipotong-potong
Tomat, dipotong-potong

Cara Membuat :
- Rebus ayam, air, daun salam, lengkuas, daun jeruk, serai, garam, gula pasir, air asam jawa dan bumbu halus sampai meresap dan kering. Angkat
- Goreng ayam dalam Olive Oil
- Sambal : tuang Olive Oil lalu tumis tomat, cabai merah keriting, cabai merah besar, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih dan terasi sampai layu. Angkat. Tambahkan garam dan gula pasir lalu ulek sampai halus.



Penyelesaian : 
- Letakkan ayam dicobek yang berisi sambal. Tekan ayam hingga memar.
Tata lalapan di piring saji beserta tempe, tahu dan nasi. Kemudian taruh ayam yang sudah di penyet, tuang Extra Virgin Olive Oil diatas sambal dan siap di nikmati :) 



Note :
pada saat menggoreng ayam dengan menggunakan Olive Oil coba untuk perhatikan tingkat panas pada saat di wajan ya, jangan sampai terlalu berasap. Ingat-ingat lhoh menggoreng dengan tingkat panas yang tinggi (sampai 180 º / 380 º F), menggunakan Olive Oil dapat membulah lapisan renyah di sekeliling makanan yang bisa mencegahnya dari penyerapan minyak berlebih. Jadi rasa ayam tetap terjaga dan tambah nikmat pastinya.

Sedangkan untuk sambal mengapa memakan Extra Virgin Olive Oil. dikarenakan jenis Olive Oil yang satu ini, merupakan Olive Oil murni yang dihasilkan pada perasan pertama. Dan memang sangat cocok sekali untuk campuran seperti salad atau sambal. Akan menambahkan nikmat dan sensasi tersendiri saat menikmatinya serta SEHAT..!

Menikmati makanan lezat sekaligus mengganti minyaknya dengan Olive Oil merupakan cara enak untuk sehat. Untuk investasi kesehatan, kenapa gak mulai dari sekarang.


Stay Healthy with Delicious Food ^_^

Label: , ,