Colours Of India at Signatures Restaurant, Hotel Indonesia Kempinski


Apa yang ada dipikiran kalian ketika pertama kali mendengar nama negara, India?
Yap, india memang terkenal dengan Bollywood, yaitu sebuah industry film terbesar di India yang terletak di Mumbai. Selain itu kuliner india pun tidak kalah nge-hits di Jakarta. Makanan india begitu kaya akan ragamnya dan kental akan rempah-rempah.






Kali ini saya berkesempatan untuk ikut memeriahkan Festival Diwali yang bertajuk “Colours Of India” di Signatures Restaurant, Hotel IndonesiaKempinski.  Diwali merupakan festival penting bagi umat hindu, yang juga dikenal dengan nama Deepvali dan “Festival Cahaya”. Festival yang menandakan rohani kemenangan terang atas kegelapan, pengetahuan atas kebodohan, baik atas kejahatan dan berharap lebih putus asa.



Kesan pertama saya di awali oleh sambutan hangat seorang pegawai yang menyambut kedatangan saya pun tampak cantik mengenakan balutan pakaian khas India. Ketika memasuki restaurant yang di design kental dengan gaya India. seperti seekor gajah mungil yang terbuat dari bunga putih yang melambangkan kebijaksanaan, pengertian dan kecerdasan. Sedangkan pada bagian badan-nya terdapat busana yang juga terbuat dari bunga berwarna merah dan kuning. Kuning yang melambangkan kemurnian, kedamaian dan kebenaran sedangkan merah melambangkan aktivitas di dunia yang merupakan tugas-tugas manusia di dunia yang dilakukan dengan kemurnian, kedamaian dan kebenaran.



Di  beberapa sudut juga di hiasi oleh bubuk warna-warni dalam wadah perunggu ataupun kayu, diyakini bermakna obat yang akan menyangkah virus yang akan datang. Warna-warna tersebut dari bahan tradisional yang terbuat dari nimbi, kumkum, haldi, bilva dan tanaman obat lainnya. Yang biasanya digunakan untuk perayaan menyambut musim semi, Holi Festival. Itulah sebabnya, mengapa india di juluki Negara yang sangat berwarna, “Colours Of India”.

Adapun yang istimewa pada Festival Diwali di Hotel Indonesia Kempinski kali ini adalah, dengan mendatangkan langsung seorang koki papan atas dari Delhi yang sudah berpengalaman selama 16 tahun dan memenangkan penghargaan Dilli 32, Chef Ashwani Kumar Singh. Tidak heran kalau masakan yang disajikan begitu khas dan otentik.

Hari ini saya beruntung sekali dapat bertemu langsung dengan Chef Ashwani Kumar Singh, beliau sungguh ramah sekali. Serta dengan senang menjelaskan bumbu-bumbu khas India pada setiap masakan dan sedikit sejarah kuliner di India.

Chef Ashwani Kumar Singh dan Chef Agung .. beruntung sekali bisa bertemu mereka ^^

Di awali pada sebuah meja bumbu rempah-rempah yang tertata dengan sangat apik.  Seperti bawang putih, lentil, cabai merah kering, bunga mawar yang dikeringi, vinaigrette, Asaotieda Powder, Pure Ghee, Rose Water, Sandal Powder dll.







Star Anise, Bubuk Cabai, Kapulaga, Kunyit Bubuk, Batang Cengkeh, Karawai dan Mukwas (Mouth Freshner)

Yang menarik perhatian saya adalah sebuah tempat yang terbuat dari kayu mirip dengan alat permainan saya waktu kecil. Terisi Star Anise, Bubuk Cabai, Kapulaga, Kunyit Bubuk, Batang Cengkeh, Karawai dan Mukwas (Mouth Freshner). Chef Ashwani pun meminta saya untuk mencoba mukwas. Dalam hati sebenarnya ragu, karena dalam pikiran saya bumbu-bumbu tersebut merupakan campuran untuk memasak. Ternyata saya salah, mukwas mempunyai rasa yang segar seperti mint dan manis. Bahkan kebanyakan orang di India, memakan mukwas untuk pencuci mulut, dan sengaja membeli -nya sebagai cemilan.

Murch Tikka dan Jheegha Methi Tikka 

Appetizer yang disajikan saat itu adalah Murch Tikka (Barbeque Chicken) dan Jheegha Methi Tikka (Barbeque Prawn Flavoured With Dried Fenugreek Leaves). Yang masing-masing di dressing dengan bumbu khas dari india dengan rasa sedikit asin. oiya ayamnya dimasak dengan rempah-rempah yang menyerap hingga ketulang. so nyummmy...!


Pahyalashahi Coshi

Subz Navrattan Korma

Khatte Baigan

Makanan pokok belahan India Timur adalah Nasi. Dengan pendamping lauk yang umumnya berupa Kari Lentil dan hidangan daging/ikan, ditambah beberapa sayur. Seperti yang tersajikan pada hidangan saat ini di Signatures Restaurant yaitu Kathal Biryani (Nasi Biryani) yang merupakan hidangan popular dari India Selatan mempunyai rasa yang khas,sukaaa banget.., Pahyalashahi Coshi (Lamb Curry) yang ini daging-nya lembut banget, aku yang kurang suka dengan kari setelah makan Lamb Curry ini rasanya pengen nambah terus, kemudian ada Subz Navrattan Korma (Sayuran yang dimasak dengan kacang), Khatte Baigan (Terong yang dimasak dengan benih bawang putih dan tomat dengan kuah yang kental mirip dengan kari).

Kemudian ada Takedar Rajma (Sup Kacang Merah), Patrani Macchi (Ikan laut yang di masak dengan menggunakan daun pisang, atau yang biasa kita kenal dengan nama ikan pepes kali yaa.. hihihihi).


Tawa Roti
Lentil yang akan di makan dengan Tawa Roti

Berbagai jenis teman makan untuk Tawa Roti

Kemudian makanan pokok sebagian besar penduduk India Utara adalah lentil dan berbagai jenis roti dari tepung gandum, dikarenakan iklim di utara lebih sejuk dan kering. Sedangkan untuk masakan mereka memasak dengan kuah kental yang didapat dari produk ternak perah, cabai, kurma-kurma dan kacang-kacangan.

Seperti hidangan yang tersajikan saat ini ada Tawa Roti yang di makan bersamaan dengan berbagai macam pilihan yaitu Chana Dal Tadka (Sup Lentil yang kental), Raita yang merupakan yoghurt plain dan kental serta rasanya-pun hambar, dan rasa yang manis pun ada seperti rasa mint, mangga yang sudah berbentuk selai.







Dan yang terakhir adalah Dessert,  Selalu ada tempat diperut untuk menikmati dessert yang menggugah selera, yeay..! seperti Macaroon, Cappuccino Mouse,  Cake Chocolate, Chocolate, Ice Cream Teppanyaki, Lemon Curd dan masih banyak lagi.

Semua hidangan dari berbagai belahan India Timur, Barat, Selatan, dan Utara sukses menggoyang lidah saya. Dalam satu waktu di hari yang cerah. saya rasa ini adalah makan siang saya yang terbaik, untuk mencicipi kuliner India tanpa harus keluar dari Jakarta.






Signatures Restaurant telah memberikan saya pengalaman yang sangat menarik menikmati kuliner eksotis dari berbagai belahan India. Bertemu langsung dengan Chef Ashwani Kumar Singh serta mendapatkan teman baru, mba Tanti Amelia. Dan para staf The Signatures Restaurant yang melayani kami dengan sangat baik layaknya tamu istimewa. Aaaaakkh..seneng sekalii..!!



Oiya pastikan kalian juga ikut serta untuk menikmati hidangan asli India terbaik di Jakarta, dengan sajian yang berbeda setiap harinya, serta pada hari tertentu akan ada penampilan tarian-tarian khas India. Festival ini berlangsung dari tanggal 02 hingga 17 Oktober 2014.

Tidak hanya itu, kamu bisa ikut menggalang dana untuk membantu setiap anak sekolah di SD Pembangunan Masyarakat yang berlokasi di Gunung Sahari. dengan cara membeli souvenir seharga IDR 100,000. serta dapat meraih kesempatan untuk memenangkan voucher menginap 1 malam di Presidential Suite Hotel Indonesia Kempinski.



Jadi, Tunggu Apa Lagi ?...






Signature Restaurant
Hotel Indonesia Kempinski
Jl. MH. Thamrin 1, Jakarta
Phone : (021) 2358 3898
Twitter : @KempinskiJKT
Facebook : Hotel Indonesia Kempinski Jakarta

Lunch Buffet IDR 248,000 ++
Dinner Buffet IDR 268,000 ++
Brunch Buffet IDR 338,000 ++  (Include all food and beverages)


Label: ,