Ketoprak Betawi with Olive Oil

Mendengar kata “Ketoprak” ada dua hal yang pasti akan terlintas di pikiran (cie eelaahh..). yang pertama adalah Ketoprak yang merupakan teater rakyat yang paling populer di Jawa Tengah, namun juga terdapat di Jawa Timur. Kedua, Ketoprak yang bukan bersifat kesenian akan tetapi merupakan makanan tradisional yang berasal dari Betawi. Tidak hanya mempunyai nama yang sama akan tetapi juga sama-sama dari Indonesia.

Ketoprak, siapa sih yang gak kenal makanan yang satu ini, udah banyak berseliweran di jalan, yang biasa dijual dengan menggunakan gerobak dorong. Ketoprak merupakan makanan asli indonesia tepatnya berasal dari Betawi, dengan komponen utamanya adalah tahu, bihun, mentimun, taoge dan bisa juga memakai telur rebus yang dilengkapi dengan saus kacang, kecap manis dan taburan bawang merah goreng. Lebih lengkap di sajikan dengan tambahan kerupuk atau emping melinjo. Bahkan ada beberapa versi yang menambahkan tempe goreng sebagai komponennya.

Tapi, kalo udah kepingin banget makan ketoprak tapi abang-abangnya gak lewat depan rumah dan keburu rasa ngidam ini makin memuncak, lebih baik buat sendiri dirumah. Lebih higienis, murah dan selain itu bisa menambah komponen sesuai selera.



Gak sulit untuk membuat Ketoprak ala betawi ini, bahan-bahan segar yang sudah dicuci dengan bersih dan digoreng ataupun direbus kemudian disiram dengan saus kacang. Berhubung daritadi udah nelen ludah kepingin rasain saus kacang beserta bihun dan tahu meluncur dimulut. Yukk cusss ke dapur. Kita eksekusi ketoprak ala betawi.


Ketoprak Betawi
Resep yang diadaptasikan dari blognya mba diah didi dan sedikit modifikasi (untuk 1 porsi)





Bahan :
1 bh lontong atau ketupat
Segenggam bihun  yang sudah di rebus
1 buah tahu goreng , potong-potong
Segenggam taoge yang sudah di rebus sebentar
Kerupuk, secukupnya
Bawang merah, rajang tipis.

Bahan Saus Kacang :
75-100 gr kacang tanah, goreng
1 bh bawang putih, goreng sebentar / bisa juga mentah
3 bh cabe rawit merah
½ sdm gula merah
¼ sdt garam
1/8 sdt air asam
1sdm Olive Oil

Kecap manis, secukupnya



Cara membuat :
  1. Panaskan wajan lalu tuang Olive Oil kemudian goreng Tahu, bawang merah dan kerupuk
  2. Haluskan bawang putih, cabe dan kacang tanah.
  3. Tambahkan gula, garam serta air secukupnya hingga menjadi sambal kacang yang sedang kekentalannya terakhir masukkan Olive Oil.
  4. Tambahkan air asam dan kecap manis sesuai selera.
  5. Susun lontong, tahu, bihun diatas piring lalu siram dengan sambal kacang.
  6. Sajikan dengan taburan bawang goreng dan kerupuk :)
Oiya ini bumbunya kurang halus.. harusnya sih lebih halus, lebih enak, maklum udah keburu laper heheh ^.^v

Oiya kenapa saya memasukkan 1 sdm Olive Oil pada bumbu kacangnya, selain rasanya tidak akan ada yang berubah. Tapi aroma khas Olive Oil ini saya suka, menambah selera makan kalo menurut saya, serta akan terasa oily yang nikmat apabila ditambahkan di saus kacang.

Ternyata masakan tradisional-pun bisa menggunakan Olive Oil. untuk mengetahui resep-resep masakan tradisional apa saja yang menggugah selera kamu dengan Olive Oil. kamu bisa like fanpage mereka di Bergabunglah di Revolusi Olive Oil dan pantengin deh timeline mereka di @OliveOil_ID ada banyak tips dan info menarik yang sayang dilewatin ^^


Healthy and Delicious kita yang pilih
Good Food, Good Life :)

Label: , , ,