Hidangan Peranakan ala Tjap Toean

Pertama kali mengetahui tentang Tjap Toean, gara-gara ada temen yang posting salah satu menunya yang bikin gw tertarik banget untuk mencoba. bagaimana gak tertarik. disamping warnanya serta penyajiannya yang unik. pengen tau apakah rasa yang dihadirkan se-unik tampilannya. Pada kesepatan yang ceria ini, akhirnya ngidam gw berbalaskan juga karena ternyata ada voucher makan di groupon disdus. gak pake mikir langsung beli.

Tjap Toean punya banyak cabang di Jakarta. tapi, kal ini gw menikmati makanan peranakan chinese malay tersebut di Pondok Indah Mall. Letak resto Tjap Toean ini berhadapan dengan Hanamasa dan dekat sekali dengan musholla. Jadi, setelah selesai sholat maghrib kita bisa langsung mencicipi hidangan peranakan tersebut. 

Kesan pertama yang cukup menggoda pada design resto yang ditampilkan oleh Tjap Toean seperti membawa kita kepada nuansa Jadul (Jaman Dulu). dekornya yang unik dan vintage itu membuat kita nyaman sekali berada didalamnya. Layang-layangan berbentuk burung yang nangkring di sebagian atap resto. ada sisi dinding yang berdekatan dengan atap, tersusun koper-koper antik yang sangat jaman dulu sekali serta, lukisan seorang wanita berpakaian shanghai berkerah. Di pilar dindingnya pun dipasang beberapa sempoa dengan amat rapi.





Bukan hanya nama restorannya saja yang menggunakan ejaan lama, nama-nama hidangan yang tertulis di menu mereka-pun menggunakan ejaan lama. Terlihat dari tampilan buku menu yang tampak berbeda dari biasanya yaitu berupa selembaran koran kuno. sehingga tanpa sadar membuat kita ikut mencoba melafalkan menu-menu yang ada, seolah-olah kita kembali ke masa lalu. seperti : Gue Kasih Tau Lu ya, Kukuruyuk, Lu Orang, Mabok Kepayang, Roti Ngai dan masih banyak lagi. 

Inilah beberapa menu yang akhirnya dicoba oleh ong dan gw.

Nasi Babah, nasi yang berwarna biru keungunan ini ternyata sama dengan nasi lemak atau yang biasa kita kenal dengan sebutan nasi uduk. Warna biru yang dihasilkan nasi tersebut, terdapat dari bunga kelopak mata (kembang wangi), sehingga memunculkan warna yang natural dan aman untuk dikonsumsi. kalau kata ong mah, mainstream banget pesen nasi warna biru. hahahah..
Rasa nasi yang gurih ini disajikan dengan lauk pendamping seperti tumis kacang panjang, tempe orek, ayam panggang, telur, lalapan timur, kerupuk dan sambal terasi. btw tempe oreknya enak.. hihihihi.



Nah kalau ong pesen Nasi Tanjung Priok (balacan fried rice), wuidih.. denger namanya aja sebenernya bikin penasaran. kenapa sampai pakai nama suatu daerah, yaitu tanjung priuk. Setelah datang, tampilannya sih seperti Nasi Goreng pada umumnya, ada acar dan juga kerupuk. Untuk rasa menurut gw lebih enak nasi goreng abang-abang. soalnya gak berasa gurih sama sekali. eheheh... setelah di inget-inget apa yang tertulis di menunya, bahwa resto Tjap Toean ini sama sekali tidak menggunakan MSG. yaa.. jadi wajar aja kalau lidah kita yang terbiasa dengan masakan ber-MSG ketika dihadirkan tanpa penyedap tersebut jadilah sedikit hambar. Dan tidak pedas sama sekali. Mungkin kalau ingin pedas bisa request terlebih dahulu.



Untuk cemilan sebelum makan berat, gw pesen Ku Ku (Cakwe with a side of condesed milk). Jadi ini adalah cakwe yang di isi oleh campuran seperti adonan siomay. dengan sambal bangkok sebagai saus pendamping. rasanya enaaakk.



Ys.Teler, ini ceritanya untuk desertnya. Biar tenggorokan seger. kalau untuk rasa sih gak jauh beda sama es teler pada umumnya. 


Untuk Minumannya sih kita berdua cukup pesan es teh manis dan teh manis hangat. ehehehe.

Yang bikin betah disini emang dekorasinya yang tiba-tiba membawa kita serasa di jaman dulu. ihhh kayak gw tau aja yak, jaman dulu gimana. secara waktu kecil aja udah memasuki jaman modern (hoek) hahahha.. tapi, gelas-gelas jadul dengan corak tidak beraturan berwarna hijau muda itu memang menjadi gelas kesayangan di jamannya. bahkan almarhum Babe kalau mau ngopi sukanya pakai gelas itu. kalau ditanya mau lagi kesini atau gak, udah pasti pengen kesini lagi. penasaran pengen coba menu best seller lainnya.

***

Ys.Teler 17,5k
Nasi Babah 39,5k
Nasi Tanjung Priuk 35,5k
Ku Ku 16,5k


Tjap Toean
cab. Pondok Indah Mall 1
Lt.2 area 51
Jl. Metro Pondok Indah 
Jakarta
Telp. 021 7506907

Label: , , ,