3 Tempat Artistik di Jakarta Barat yg Wajib di Kunjungi..!

Banyak cara untuk menghabiskan akhir pekan atau bahkan libur panjang. Mulai dari merencanakan untuk pergi ke luar kota, luar negeri atau hanya jalan-jalan seputar Jakarta. Walau hanya di Jakarta. Ada banyak tempat menarik yang mempunyai nilai seni tinggi seputar daerah Jakarta bagian Barat.

Mall merupakan salah satu destinasi favourite yang paling banyak peminatnya ketika menjelang libur. Tempat menghabiskan uang (tepatnya), apalagi kalo lagi ada diskon. hahahhaa...

Lama-lama bosen juga kalo tiap libur pergi ke-Mall. Ibaratnya mall udah kaya rumah kedua deh pokoknya. Eits, tapi tunggu dulu. Gw punya ide menghabiskan akhir pekan yang seru plus hemat dan menarik seputar Jakarta yang bikin lo Happy dan makin pintar. Karena sekarang jamannya mencari hiburan yang gak perlu jauh-jauh apalagi ke-luar negeri, sedangkan lo cuma punya budget pas-pas an. hahaha..

Weekend kali ini kita akan mengunjungi tempat yang mempunyai nilai sejarah dan terdapat nilai edukatif didalamnya.Dari sanalah kita bisa belajar mengenai apa saja yang terjadi pada masa lampau. Dan ada banyak dokumentasi serta peninggalan yang masih terpelihara dan terawat sampai saat ini.






***

3 Tempat Artistik di Jakarta Barat, yang Wajib di Kunjungi



1. Museum Seni Rupa dan Keramik

Photo credit by http://blog.museumsenirupa.com

Ada sekitar kurang lebih 450 koleksi seni rupa baik lukisan maupun patung yang ada di Museum ini. Tahun 1938 pada masa Persagi (Persatuan Ahli Gambar Indonesia)  menjadi masa kebangkitan seni rupa Indonesia yang diwakili oleh lukisan karya Agus Djaya, S. Sudjojono, Henk Ngantung, Emiria Sunassa, dan RGA Sukirno. Mungkin yang kurang begitu paham dengan lukisan, atau bahkan gak ngerti sama sekali (kaya gw khususnya) agak terdengar kurang familiar dengan nama-nama tersebut.


Photo credit by. http://blog.museumsenirupa.com
Gambar diatas berjudul Kenangan 45 tahun 1956
salah satu jenis koleksi lukisan / cat minyak yang berasal dari koleksi Kastubi.



Photo credit by. http://blog.museumsenirupa.com
Jenis Keramik Piring dengan hiasan bunga phoeny.
Berasal dari Cina dan dibuat pada tahun Abad 16


Di Museum ini terdapat koleksi lukisan tertua berupa lukisan Bupati Cianjur karya R. Serta karya Saleh Syarif Bustaman tahun 1807-1880. Ada banyak koleksi lukisan dan patung yang hadir pada masa lahirnya Akademi, Revolusi atau Pendirian Sanggar dll. Gw sendiri selalu mengagumi orang-orang yang menghasilkan karya kreatif seperti ini, karena bisa memvisualkan kembali apa yang dilihat dan dirasakan kemudian ditumpahkan pada suatu media. Seperti kanvas, Kayu, dll. Nah, dijaman yang semakin modern dan tekhnologi canggih saat ini, media lukis pun sudah makin beragam.


Jl.Pos Kota no.2
Jakarta Barat 11110

Telp. (021) 6907062
Fax. (021) 6926091
8.00 am - 3.00 pm

http://www.museumsenirupa.com/


2. Museum Bentara Budaya
Photo credit by http://www.gtitravel.cc
























Museum Bentara Budaya Jakarta memiliki bangunan tradisional Rumah Kudus yang unik, mencerminkan keterampilan seniman tradisi yang tangguh berkarya. Kini telah mempunyai koleksi 573 lukisan hasil buah karya pelukis-pelukis terkenal diantaranya Affandi, S.Sudjojono, Hendra Gunawan, Basoeki Abdullah, Bagong Kussudiardjo dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu ada juga koleksi pelukis asal Bali yang dianggap klasik seperti I Gusti Nyoman Lempad, Ida Bagus Made, Dewa Putu Bedil dan lainnya. 


Photo credit by http://bentarabudaya.com/
Salah satu lukisan karya Affandi


Photo credit by http://bentarabudaya.com/
Salah satu lukisan Bali karya I Gusti Nyoman Lempad


Museum yang didirikan setelah Bentara Budaya di daerah Yogyakarta ini, Berawal dari Pimpinan KKG (Kelompok Kompas Gramedia) yang mempunyai banyak koleksi benda seni seperti lukisan, keramik, patung dll. Akhirnya dari sana tercetus-lah sebuah ide dibuat gedung yang dikhususkan untuk menyimpan benda-benda seni tersebut. 

Untuk bisa sampai ke Museum Bentara Budaya tidaklah terlalu sulit. Lokasinya berada di dalam komplek Kompas Gramedia atau di samping Gedung Kompas Gramedia yang lama. Perjalanan tidak akan terasa mencapai suatu lokasi tersebut jikalau menggunakan Toyota Agya dengan transisi Matic (ada juga yang manual), sehingga gak bikin pegel harus main kopling ditengah kemacetan. Yang membuat gw penasaran, Museum ini bukan hanya sekedar mempunyai koleksi lukisan para pelukis terkenal akan tetapi juga menyimpan koleksi patung yang berasal dari Papua dan Bali sebanyak 400 lebih. 

Sedangkan koleksi wayang golek yang terdiri dari Tokoh Punakawan, Pandawa atau Kurawa berjumlah 120. Kalau lagi mampir kesana, pasti akan betah berlama-lama melihat keindahan koleksi seni yang telah tersimpan dan terawat sejak lama tersebut. Salah satu cara mengenal lebih kekayaan seni budaya Indonesia melalui hasil karya-karya yang luar biasa. 


Photo credit by http://bentarabudaya.com/
Patung Kayu Figur asal Papua



Photo credit by http://bentarabudaya.com/
Tempat Duduk (Drum Seat) Silinder
Mempunyai motif pohon, bunga dan burung berasal dari Abad 19, Dinasty Ching

Museum Bentara Budaya bukan sekedar museum yang menyimpan karya-karya seniman terkenal, akan tetapi sering mengadakan sebuah acara dengan lembaga seni lainnya serta menjadi tempat terselenggaranya acara seni budaya lintas negara.

Contohnya, beberapa waktu lalu, menyempatkan diri untuk mampir ke Museum Bentara Budaya pada acara Peresmian Pameran Tunggal Sketsa Drs.Suyadi atau yang lebih kita kenal dengan Pak Raden dengan tema Noir et Blanc, yang dalam bahasa Prancis berarti "Hitam Putih". Selama 60 tahun berkarya Pak Raden pada kesempatan kali ini beliau memperlihatkan hasil goresan tangannya kepada masyarakat luas yang diketik dengan menggunakan mesin ketik. Mengisahkan peri kehidupan masyarakat Paris (Prancis) pada saat Pak Raden belajar Animasi tahun 1961-1964 dan beliau merupakan mahasiswa pertama dari Indonesia yang belajar animasi di Paris.  Ada banyak sahabat Pak Raden sesama seniman yang turut hadir pada acara tersebut. 






Ternyata yang sering menghiasi layar kaca semasa nyokap kecil hingga gw gede, ada didepan mata. Seneng banget akhirnya bisa bertemu langsung dengan Pak Raden. Lain kali kalau ada acara seni serupa, gw akan boyong temen-temen mengunjungi Museum Bentara Budaya dengan mengendarai Toyota Agya yang mempunyai kabin dan bagasi yang luas. Untuk ikut serta travelling bergengsi menyaksikan keindahan sejarah seni sepanjang masa di Jakarta Barat. Apalagi sekarang Passanger seatnya udah model terbaru lagi. canggih.!



Jl.Palmerah Selatan no.17

Jakarta 10270

http://bentarabudaya.com/




3. Museum Wayang
Photo credit by www.indonesiakaya.com

Pada mulanya gedung Museum Wayang merupakan lokasi gereja tua yang didirikan VOC pada tahun 1640 dengan nama "de oude hollandsche kerk", sampai pada tahun 1732 berfungsi sebagai tempat untuk ibadah penduduk sipil dan tentara bangsa Belanda yang tinggal di Batavia saat itu.

Gagasan didirikannya Museum Wayang adalah ketika Gubernur DKI saat itu, Bapak Ali Sadikin menghadiri Pekan Wayang II tahun 1974. Yang kemudian Pemerintah DKI Jakarta menunjuk gedung yang terletak di Jl.Pintu Besar Utara sebagai Museum Wayang, ternyata masih dalam satu komplek sama Kota Tua.

Akhirnya pada tanggal 13 Agustus 1975 telah diresmikan pembukaan Museum Wayang oleh Gubernur DKI Jakarta, Walaupun tempat ini sempat beberapa kali mengalami pemugaran.


Sampai saat ini Museum Wayang telah mempunyai koleksi lebih dari 4000 buah wayang yang terdiri dari Wayang Kulit, Wayang Golek, Wayang Kardus, Wayang Rumput, Wayang Janur, Wayang Beber, Boneka dan Gamelan.


Photo credit by www.yukpegi.com

Adanya Museum Wayang  bertujuan untuk pendokumentasian seluruh informasi wayang Indonesia, mengupayakan pengembangan potensi wayang di masa yang akan datang. Pelestarian serta terpeliharanya budaya perwayangan Indonesia sebagai kekayaan budaya bangsa, agar dapat terus dimiliki hingga generasi mendatang. Terbukti pada tanggal 7 November 2003, PBB memutuskan untuk mengakui Wayang Indonesia sebagai warisan dunia yang patut dilestarikan 

Sebagai pendamping Museum Wayang, didirikan Yayasan Nawangi. Di Meseum Wayang terdapat segala informasi mengenai wayang dari seluruh daerah Indonesia dan Luar Negeri, baik yang terbuat dari kayu, kulit maupun bahan lainnya.


Photo Credit by http://www.museumwayang.com/

Selain itu terdapat koleksi wayang-wayang yang didatangkan langsung dari luar negeri seperti Republik Tiongkok dan Kamboja. Sedangkan boneka yang dikoleksi berasal dari Eropa, Thailand, Suriname, Tiongkok, Vietnam, India dan Kolombia. Secara tiba-tiba kok gw jadi inget boneka annabelle yah, hihihi.. Secara periodik pada minggu ke-2 dan ke-3 diselenggarakan pagelaran wayang setiap bulannya.


Jl. Pintu Besar Utara No.27
Pinangsia
Jakarta - Barat 11110
Telp. (021) 6929560
9.00 am - 3.00 pm

http://www.museumwayang.com/




***


Sebagai generasi penerus  yang akan datang (cieelah), Ada baiknya kita terus memelihara, merawat dan mengetahui sejarah agar tidak tenggelam oleh masa apalagi sampai di akui oleh negara lain. Bahkan seharusnya peninggalan Budaya Indonesia bisa kita kenalkan lebih luas lagi ke kancah Internasional sebagai salah satu warisan Budaya Indonesia yang unik, beragam dan menarik.


Gw pengen deh Museum di Indonesia itu dijadikan salah satu destinasi favourite di Jakarta, kaya di luar negeri gitu. Museumnya dibikin menarik, terawat, bersih dan gak keliatan spooky. hehehe...kalau masalah spooky kan emang rata-rata karena dari bangunan tua ya. atau kalau bisa kaya di film Night at Museum, hahahha ngayal.

Dalam sehari aja gw udah bisa langsung mengunjungi 3 tempat yang berbeda. Dengan cerita dan latar belakang yang berbeda. Asiiik kan..!

Tapi, Jakarta kan macet banget?....

Iya sih, tapi semacet-macetnya Jakarta lebih bete kalo lo liat mantan udah punya gandengan baru. bahahaha. Selama punya kendaraan yang nyaman, keren, modis dan dinamis seperti Toyota Agya, di tambah fitur dengan model terbaru, se-macet apapun gak jadi masalah. seloow bro..!

Gak Boros Emangnya?

Kalau pergi kemana aja selama pakai Toyota Agya dijamin hemat bahan bakar, karena sudah LCGC (Low Cost Green Car). Cocok buat kantong karyawan first jobber kaya gw. Apalagi harga Toyota Agya ternyata ramah banget cuma dibawah 110 juta..!

Menjaga keamanan serta melindungi yang memang sudah terlahir menjadi milik negara kita, adalah tugas bersama. Tapi untuk ukuran sebuah mobil kota seperti Toyota Agya sudah memiliki tingkat keamanan yang baik. Mempunyai dual SRS air bag, body structure reinforcement, seatbealt with pretensioner & force limiter. Dijamin membuat kita tentram selama berkendara di manapun, terutama di Ibukota, tau sendiri-kan jaman sekarang dijalan masih banyak yang suka kebut-kebutan gak pake aturan. 


hayooo.. sekali-kali main ke Museum jangan ke Mall terus. hihihi..




Happy Weekend :)


#MyAgyaMyStyle #Idfb #Idfoodblogger

Label: , ,