Dadar Gulung Mawar Bajigur

Kadang ber-eksperimen rasa itu emang seru ya. Selalu bisa terjadi dua kemungkinan antara gagal dan berhasil. Kalo lebih banyak gagal, biasanya kadang jadi malas untuk mencoba. Padahal kan gak usah begitu, justru kegagalan harusnya menjadi pemacu semangat untuk keberhasilan. Berlaku untuk semua hal yang dilakukan, Termasuk dalam hal bikin kudapan di dapur.

Tapi, yang ini bukan hasil dari kegagalan kok. Sekali bikin kok malah nagih pengen bikin lagi. Dan seneng aja kalau ternyata berhasil. Ada sedikit kesalahan kecil kok, tapi semua itu masih bisa diatasi dan jadi pembelajaran untuk membuatnya lagi di lain hari. 




Dadar Gulung yang biasa dihidangkan, dengan warna hijau dan berisikan kelapa bentuknya memanjang layaknya lontong. itu kaaann udah biasa yaa cuy.. Akhirnya dengan kekuatan bulan, kemarin gw bikin dadar gulung dengan bentuk mawar rasa Bajigur.

eits Bajigur?
iyaaa...udah tau kan kalo bajigur sekarang dijual dalam bentuk kemasan dan bisa langsung seduh dimanapun dan kapanpun namanya Wdank Bajigur. Sesekali menyeruputnya dalam balutan kenangan masa kecil. #cieeeeelah hahahha..

buat yuks...







Dadar Gulung Mawar Bajigur

Bahan : 
200 gr tepung terigu serbaguna
2 sachet Wdank Bajigur
1/2 sdt garam
1 butir telur, kocok lepas
600 ml air (bisa ditambahkan bila kurang encer) 
1 sdm  minyak goreng

Cara Membuat :
1. Campur tepung terigu dan garam, buat lubang di tengahnya, kemudian tuang telur, aduk rata dengan menggunkan whisker.
2. Tuang air sedikit demi sedikit, hentikan pemberian air jika kekentalannya sudah pas.
3. Saring adonan, kemudian masukkan minyak goreng, aduk rata.
4. Bagi adonan menjadi dua bagian, kemudian masukkan Wdank Bajigur, aduk rata. Apabila terlalu kental bisa ditambahkan air agar kekentalan adonannya pas.
5. Panaskan wajan dadar anti lengket, tuang 1 sendok sayur ke dalamnya. Masak hingga matang, angkat dan ulangi kembali hingga adonan habis.


Bahan Inti Kelapa :
1/2 butir kelapa parut memanjang
2 gelas air
150 gr gula merah
sisir halur 50 gr gula pasir
1/2 sdt garam
1 lembar daun pandan
1 sachet Wdank Bajigur

Cara Membuat Inti Kelapa :
1. Masak air bersama gula merah, gula pasir dan garam hingga mendidih dan gula larut
2. Masukkan kelapa parut, aduk terus hingga air habis (tekstur kelapa tetap basah dan tidak kering).
3. Masukkan Wdank Bajigur dan aduk rata, sisihkan.
4. Siap gunakan.

Penyelesaian :
1. Kerat empat bagian kulit dadar yang tanpa warna dan jangan sampai terputus, letakkan inti kelapa ditengah
2. Lipat salah satu sisi ke bagian tengah hingga membaluti inti kelapa. Sebelumnya bagian tepi dadar bisa sedikit dilipat ke arah luar agar hasilnya lebih cantik. 
3. Lipat sisi lainnya pada bagian lainnya yang berhadapan ke-arah tengah, dan ulangi pada bagian yang belum dikeratkan
4. Ulangi step lipat dadar gulung dari awal dengan kulit dadar berwarna cokelat.
5. Dadar gulung mawar siap disajikan.






Dadar gulung mawar bajigur ini emang bikinnya special untuk #TakjilWdankBajigur karena selain unik rasanya juga khas dan sehangat tradisi Indonesia.

Menggulung kulit dadarnya sih emang agak (sedikit) ribet karena harus melakukan dua kali pembungkusan. dikarenakan biar dual warna hehehe.. tapi, setelah jadi kenapa jadi rada gak tega untuk makan. Karena tau bikinnya rada (sedikit) ribet hahahahha.. so far sih lumayan seneng dan mau coba lagi biar si mawar terlihat kinclong dan cantik hehehe...



Mau resep takjil yang simple dan enak?.. udah pernah kepoin fanpagenya Wdank Bajigur belom? disana ada banyak resep takjil yang bisa dicoba buat sendiri dirumah. Terus buat yang doyan masak atau yang rajin bikin segala kudapan, Wdank Bajigur lagi adain blog competition kreasi #TakjilWdankBajigur. ikutan gih.. hadiahnya kan mayan banget buat THR.


Btw mirip bunga mawar gak sih?





Wdank Bajigur
Facebook | Twitter | Instagram



Label: , ,