Martabak Bolu Mini Vla Bajigur Chocochip

Sudah hampir setengah bulan memasuki Bulan Suci Ramadhan, semoga puasanya bisa poll sampai Hari Kemenangan tiba. Tapi, kayaknya untuk perempuan kadang suka ada bonus untuk tidak puasa hehehe.. maklum-lah ya.

Kalau lagi weekend biasanya gw suka bikin takjil bareng nyokap. Tapi kali ini pengen sesuatu yang berbeda dari biasanya, bukan semacam gorengan, es buah ataupun kolak. Walaupun jajanan takjil tersebut memang banyak sekali di jajakan dipinggir jalan ketika bulan puasa. Seneng banget sih, jadi rame jajanan dan beragam.

Gw pengen buat Martabak Bolu Mini dengan rasa Bajigur. Biasanya bajigur yang kita kenal adalah salah satu minuman Tradisi Indonesia yang terbuat dari campuran santan, kopi, gula aren, vanili, garam, gula pasir dan terdapat serutan kelapa muda diatasnya. Untuknya saat ini semakin susah nyari abang bajigur yang lewat didepan rumah, ternyata Nutrifood sudah mengeluarkan produk salah satu minuman Tradisi Indonesia yaitu W'dank Bajigur.







Dan Martabak untuk saat ini pun sebenarnya juga sudah banyak ragam dan rasanya. Ada yang seperti Pizza dengan berbagai macam topping serta base adonannya. Bahkan tidak sedikit isian untuk martabak-pun semakin ngeheits dan kekinian. Untuk menambah variasi serta keragaman martabak, Maka gw mengeluarkan varian terbaru olahan Martabak special khusus untuk buka puasa dengan yang tersayang.





Martabak Bolu Mini Vla Bajigur Chocochip

Bahan A :
85 gr tepung terigu serbaguna
25 gula pasir halus
150 ml santan, rebus dan biarkan hangat
1/2 sdt ragi instan

Bahan B :
1 butir telur utuh
1 kuning telur
25 ml air
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue
1/2 sdt pasta cokelat
1 sdm gula pasir untuk taburan

Topping : 
chocochip

Vla Bajigur
Bahan :
100ml santan encer
3 sdm susu kental manis
2 sachet Wdank Bajigur
Sedikit Garam
1 sdm maizena yang dilarutkan oleh air


Cara Membuat :
Filling Vla Bajigur :
1. Panaskan santan dengan garam, susu kental manis, Wdank Bajigur aduk-aduk hingga mendidih (maksimal 100 celcius) dan campurkan larutan maizena larutkan hingga mengental, angkat dan sisihkan

Martabak Bolu : 
1. Campur tepung terigu dan gula pasir halus, aduk rata
2. Tuang santan hangat sedikit demi sedikit sambil diaduk memakai whisker hingga adonan licin dan lembut
3. Masukkan ragi instan, aduk rata dan diamkan selama kurang lebih 30-60 menit.
4. Kocok lepas telur, masukkan ke dalam adonan. teteskan pasta cokelat, tuang ke dalam adonan sambil aduk rata.
5. Masukkan baking powder, aduk rata. Diamkan selama 15 menit.
6. Panaskan loyag martabak (pakai cetakan kue lumpur). tuang soda kue dan aduk rata. segera tuang kedalam cetakan dan tekan bagian tengah adonan agar dapat membuat tepian kulit martabak.
7. Kecilkan api, tunggu hingga muncul gelembung-gelembung atau lubang yang cukup banyak. Tutup loyang / cetakan.
8. Setelah permukaan agak kering kemudian taburkan gula pasir. Tutup lagi dan masak sebentar hingga gula agak mencair dan angkat.

Penyelesaian :
1. Setelah martabak diangkat, dalam keadaan panas oleskan margarin dan beri topping vla bajigur dan beri chocochip diatasnya.
2. Martabak bolu mini vla bajigur chocochip siap dihindangkan untuk buka puasa.

#TakjilWdankBajigur siap dinikmati :)




Buatnya gak seribet dan sepanjang resepnya kok. Gampang banget, malahan sekali bikin jadi ketagihan pengen bikin lagi dengan berbagai varian rasa dan topping. Setelah buat ini mama-ku langsung request minta dibuatkan lagi untuk hantaran kerumah nenek. Karena memang udah jadi tradisi dari tahun untuk selalu bawa hantaran kerumah nenek ketika Hari Raya tiba, dan bisa langsung dinikmati bersama keluarga besar setelah sholat. Katanya lucu aja, martabak mini sekali comot langsung Hap..!

Kalau lagi bingung dan bosen dengan takjil yang ada coba deh cek ke fanpage dan Instagram W'dank Bajigur, banyak resep membuat takjil nikmat dan praktis.

dicoba yuks #TakjilWdankBajigur -nya ^_^



W'dank Bajigur
Facebook | Instagram | Twitter

Label: , ,