In Style Hongkong Blogger Gathering with Chef Walter Kei at HongkongCafe

Hongkong merupakan kota dengan populasi padat dan wilayah kecil, meski begitu telah menjadikannya salah satu eksportir terbesar di dunia untuk tekstil, jam tangan, jam dinding, mainan, game serta produk elektronik. 

Lalu bagaimana dengan kuliner Hongkong? 
Telah tersebar luas sekitar kurang lebih 12.000 restoran. Keberagaman kuliner Hongkong pun ternyata dapat diterima dilidah masyarakat Indonesia. Makanya tidak heran kalau di Indonesia telah banyak restoran yang menyajikan masakan Hongkong, salah satunya di Hongkong Cafe.

Minggu, 23 Agustus 2015 kemarin di Hongkong Cafe daerah Thamrin. Saya berkesempatan untuk menghadiri salah satu acara Blogger Gathering dengan tema In Style Hongkong bersama chef Walter Kei, yang secara eksklusif datang untuk memeriahkan dan berbagi ilmu seputar cara penyajian kuliner khas Hongkong.

Siapa sih chef Walter Kei?
Walter Kei adalah Celebrity Chef dari Hongkong, dan telah menerbitkan sebuah buku panduan wisata dan memasak yang berjudul "Kei's Kitchen". Menariknya lagi saat sedang tidak memasak chef yang selalu tersenyum dan terlihat ceria ternyata juga suka menulis dan mengirimkan 30 artikel per-bulannya ke berbagai media massa di China, Taiwan dan Hongkong. aiihh keren...jadi malu deh sama diri sendiri, yang kadang pengen rutin menulis satu hari satu post malah males-malesan, alhasil terkadang blog malah jarang update. hmm.. mesti di contoh nih. Semangat..!. 
untuk yang pengin berkenalan lebih lanjut dengan chef Walter Kei bisa langsung mampir ke http://www.walterkei.com/.



It's Cooking Demo Time..
Antusias para blogger nampak terlihat ketika chef Walter Kei menjelaskan bahan-bahan apa saja yang akan dipakai pada saat cooking demo kali ini. Tidak tanggung-tanggung akan ada tiga hidangan yang langsung dibuat. Salah satu hidangan akan dipraktekan langsung oleh para blogger, terlihat dari beberapa meja yang sudah dipersiapkan dengan berbagai bahan dan alat yang akan dibutuhkan. 



Dimulai dari Hidangan Pembuka yaitu Beef Roll with Vegetables. Membuatnya tidak seribet mengucapkan namanya. Dengan santai dan jelas chef Walter Kei mulai menjelaskan step by step pembuatan Beef Roll with Vegetables. Tadinya saya pikir untuk membuat suatu hidangan ala Hongkong membutuhkan banyak bumbu yang njelimet dan asing ditelinga. eh ternyata gak loh, bahan-bahan beserta bumbu mudah didapat. 

Rasanya enak sekali, dengan ukuran sekali hap. Dimulut akan dapat merasakan sensasi yang beragam, aneka sayuran yang telah dikukus masih terasa crunchy, dagingnya bercampur dengan sausnya bikin komplit.



Mau buat dirumah? gampaaang.. simak baik-baik resepnya dan ikuti step by stepnya.

Beef Roll with Vegetables
By. Chef Walter Kei

Bahan-Bahan
300 gr Irisan daging sapi angus
100 gr Timun
100 gr Wortel
170 gr Jamur Enoki
1/2 sdm wijen matang yang telah ditumbuk

Bumbu
1 sdm pasta cabe korea
1 sdm minyak truffle
1 sdm air dingin matang
Garam
Lada hitam tumbuk kasar

Cara Membuatnya :
1. Cuci timun dan wortel secara menyeluruh dan iris halus. Buang ujung jamur enoki, dan potong secara merata sesuai dengan ukuran irisan daging sapi. sisihkan.
2. Lunakkan irisan daging sapi dengan meletakkannya di bagian bawah kulkas semalaman. lalu keluarkan sebelum digunakan. Letakkan sayuran secara merata diatas irisan daging, taburi garam dan lada hitam sesuai selera, gulung.
3. Campur pasta cabe korea, minyak truffle dan air dingin matang untuk digunakan nanti.
4. Tempatkan gulungan daging sapi lalu kukus selama 2 menit, dengan temperatur 85 derajat celcius, taburi wijen tumbuk dan celupkan ke bumbu pasta dan minyak truffle. Sajikan.


Selanjutnya Hidangan Utama yaitu Steamed Chicken with Chinese Mushroom. Terlihat dari nama menu-nya, Ayam yang di-olah dengan cara di kukus setelah dilumuri oleh berbagai macam bumbu hingga meresap. Seperti bumbu minyak wijen, saus tiram, gula, kecap asin, chinese wine dan lada. Bahkan menurut saya yang menjadi favourit malah jamur-nya, rasanya lembut dan sedikit kenyal serta mempunyai rasa yang gurih. Dan ternyata bukan hanya ayam yang telah di marinate dengan bumbu, jamur juga loh. Pantas rasanya saling melengkapi dan komplit lezatnya. 



Dua hidangan telah selesai didemo langsung oleh Chef Walter Kei, sebelum akhirnya lanjut pada sesi Food Tasting. Semua blogger diminta untuk membuat grup yang beranggotakan 5 orang untuk membuat Hidangan Penutup yaitu Banan Brulee with Chinese Sticky Ball (Rice Dumpling). Menempati Group 1 bersama mba Ning, mba Catur, Nisa, Marga dan saya yang kemudian menjadi ketua kelompok, bertugas mereportasekan step by step pembuatan hidangan spesial di twitter. Ayoo semangaatt..!

Hidangan penutup kali ini yaitu Banana Brulee with Chinese Sticky Ball ( Rice Dumpling ). Untuk semua group ini adalah pengalaman pertama kali membuat dessert. Saya yang agak sedikit santai dan tenang karena gak harus memasak tetap harus stand by meliput setiap kegiatan pembuatan secara detail. Soalnya di group 1 para ahli masak semua sih. hihihi...


Banana Brulee with Chinese Sticky Ball ( Rice Dumpling )
by. Chef Walter Kei

Bahan-Bahan
1 Pisang
100 gr tepung beras ketan
75 gr air
20-30 tepung kacang

Isian untuk Rice Dumpling :
3 sdm selai kacang
4 sdt icing sugar
serpihan cokelat
2 sdm kacang almond
Gula putih



Cara Membuat :
1. Belah pisang menjadi dua bagian dan bungkus dengan plastik wrap lalu bekukan dalam kulkas selama 20 jam. (nah yang ini para peserta gak harus menunggu selama 20 jam, karena sudah dipersiapkan sebelumnya hehehe...).
2. Campurkan tepung beras ketan dan air lalu uleni hingga adonan tercampur merata dan kalis. Tuang air sedikit demi sedikit untuk mendapati tekstur adonan yang pas.
3. Campurkan selai kacang dengan icing secara merata, lalu sisihkan. karena akan digunakan untuk isian Rice Dumpling.
4. Ambil adonan tepung beras ketan lalu pipihkan dan isi dengan selai kacang yang sudah di campur, bulat-bulatkan hingga isian tertutup secara merata. Jangan terlalu banyak isian untuk menjaga agar tidak pecah ketika akan direbus nanti.
5. Rebus air dalam panci lalu tuang bola-bola rice dumpling, masak hingga matang dan mengambang. Angkat dan sisihkan. 
Enam. Balurkan Rice Dumpling dengan tepung kacang dan serpihan almond secara merata. Sisihkan.
7. Taburi gula pasir diatas pisang lalu bakar dengan menggunakan blow torch hingga gula terkaramelisasi.
8. Tata pisang yang sudah selesai dibuat, Rice dumpling lalu beri hiasan seperti kacang almond dan serpihan cokelat
9. Banana Brulee with Chinese Sticky Ball ( Rice Dumpling ) ala Group 1 siap dihidangkan. 


Tips :
- Apabila Rice Dumpling terasa lengket, bisa dibalurkan dengan sedikit tepung beras ketan sebelum di kukus. Atau bisa juga di simpan dalam kulkas, Selain tidak lengket juga bertujuan agar Rice Dumpling satu sama lain tidak menempel.
- Mungkin alternatif lainnya, bagi yang tidak mempunyai blow torch bisa pisang yang telah dilumuri oleh gula pasir dapat dikaramelisasi dengan oven yang menggunakan api atas saja.




Rasanya?
Dari segi penampilan memang ada sedikit yang salah, karena telah mencampurkan serpihan cokelat ketika rice dumpling masih panas, sehingga agak meleleh dan terlihat kurang cantik. Akan tetapi untuk rasa pas sekali. Rice dumplingnya enak dengan kekenyalan yang pas, isian selai kacangnya pun terasa. 

Lalu bagaimana dengan si pisang? Gak nyangka ternyata dengan pembuatan yang begitu simple ini enak banget. Gula yang telah terkaramelisasi di atas pisang telah memberikan tekstur krenyes ketika dimakan. Jadi lembut dari pisang, manis dan krenyes dari gula dan gurih dari taburan kacang almond. Menyatu dalam keharmonisasi yang pas di mulut. Asli jadi ketagihan dan pengen banget bikin dirumah.

Lepas dari selesai kompetisi memasak Hidangan Penutup yang mengantongi kekecewaan karena group 1 tidak mendapati juara, hiks. Maaf ya teman-teman semua. Tapi semua tetap Happy dan Ceria. terutama saat sesi Food Tasting. yeaay..! makan-makan. 

Telah tersaji Beef Roll with Vegetable dan Steamed Chicken with Chinese Mushroom ala Chef Walter Kei. Kemudian ada Steamed Prawn Dumpling (Ha Kau), Steamed Chicken and Prawn Dumpling (Siew Mai), Barbeque Chicken Bun (Char Siew Pao) dan HK Crispy Fried Carrot Cake yang menjadi Popular HK Light Meal. 




Selain itu ada hidangan yang gak kalah lezatnya seperti Fried Chicken Orange Sauce, Black Pepper Beef Baked Rice, HKC Special Baked Rice serta beberapa dessert andalan seperti Mango Kiwi Shaved Ice dan Mango Fantasy.







Tenang aja, semua menu tersebut secara eksklusif bisa langsung dinikmati di Hongkong Cafe. Dijamin bakalan ketagihan deh. Ini aja aku udah atur rencana untuk kembali makan-makan di Hongkong Cafe bareng keluarga, selain menu-nya yang beragam rasanya juga cocok banget di lidah, plus tempatnya nyaman dan bisa di sesuaikan untuk berbagai acara. 



Photo from Mba Catur (Jakarta Seru)


Selain itu di Tanggal 17-19 September 2015 di Jakarta Convention center ada event menarik dari HKTDC (Hong Kong Trade Development Council) yaitu In Style Hongkong, yang bertujuan untuk menyorot gaya hidup serta kreativitas Hong Kong yang dinamis dan unik. 

Trade Expo yang menampilkan 100 brand gaya hidup Hong Kong. Diantaranya produk yang bermerek dan berdesain terbaru dengan layanan kelas dunia seputar Pasar Elektronik, Perhiasan, Souvenir, Jam Tangan, Jam Dinding, mainan dll. Ada banUntuk info selengkapnya bisa dilihat DISINI.

sstt.. Tiket Masuknya Gratis loh, bisa langsung Pre-Registrasi Expo & Symposium secara online DISINI. Bahkan bisa mendapatkan kesempatan untuk memenangkan tiket PP ke Hong Kong. 


Jangan Sampai Ketinggalan ya..!




Facebook : InStyleHongkong
Twitter : InStyleHongkong


Label: , , , , ,