Nan Xiang Shanghai & Nothern Chinese Cuisine (Steamed Bun Restaurant)at Senayan City

Nan Xiang merupakan restaurant yang menyediakan berbagai jenis masakan chinese. Sebenernya gw agak ragu dan gak begitu suka dengan masakan chinese.

Kenapa?

Bukan masalah enak atau tidak enaknya. Entah kenapa agak kurang begitu suka aja, serasa kalau bumbunya itu kurang wah dan kaya. Sotoy banget gak sih gw..

Kemudian tawaran untuk mencicipi salah satu chinese restaurant datang juga. Nan Xiang Shanghai & Nothern Chinese Cuisine (Steamed Bun Restaurant) yang berada di Senayan City.

Nan Xiang yang terlah berdiri sejak tahun 2005 di Jakarta adalah restaurant franchaise dari Shanghai. Yang menyediakan aneka macam masakan traditional Shanghai yang berkarakter citarasa bumbu yang khas, serta berbagai macam sauce yang dibuat dari jahe, gula, cuka, anggur beras dan kedelai.



Ambience yang ditawarkan Nan Xiang emang berasa banget restaurant chinese, dimana terdapat banyak aneka pajangan yang terpampang, seperti guci dan keramik.

Selain itu terdapat tulisan china di dindingnya yang serba hitam. Tapi, gak ngerti sih itu artinya apa.. hehehe..

Sebelum akhirnya kita mencicipi hidangan yang disediakan, chef baik hati dari Nan Xiang mendemokan beberapa pembuatan dimsum, hakau dan siomay. Okesip gampang diliat tapi rada ribet.



Let's Eat...!!
Aja


Xiao Long Bao Sapi.
Bentuknya agak mirip dengan hakau akan tetapi perbedaannya Xiao Lon Bao Sapi ini mengerucut dibagian atasnya. Ketika melihat pembuatannya tidak ada satupun cairan yang dimasukkan kedalam kulit adonan, tapi ketika dimakan kuah kaldunya yang begitu kaya menyeruak keluar pada gigitan pertama.

Eits ternyata kuah kaldu sapi tersebut sudah dibekukan dan diolah bersamaan dengan daging sapinya. Sehingga ketika sudah selesai direkatkan dan kemudian di kukus, maka kaldu tersebut akan mencair dan membaur didalam dengan sendirinya.


Cara memakannya pun ada caranya, agar lebih nikmat ambil Xiao Long Bao Sapi dan tempatkan di atas sendok yang sudah disediakan. Lalu gigit kulit Xiao Long Bao Sapi dan seruput kaldunya. Setelah itu memakan keseluruhan isinya. 

Karena bentuknya yang size bite, jadi enak banget untuk sekali Hap..!! 
Asli ini enak banget, daging sapinya yang lembut serta kulitnya yang kenyal beserta kaldunya yang gurih menjadi paduan pas dan sangat direkomendasikan untuk dicoba.

Dijamin ketagihan.


Tim Hakau Special ala Nan Xiang
Nah, aku juga sempat liat loh bagaimana cara pembuatan Hakau. ternyata melipat kulit hakau yang sudah di isi dengan udang terlihat gampang sekali. Setelah praktek, ternyata memang tidak gampang, lumayan ribet. Adek nyerah bang.

Hakau special ala Nan Xiang memang benar juara. Udangnya yang segar serta kulitnya yang kenyal cocok juga setelah di cocol dengan sambal. hehehe.




Tim Kaki Ayam Sauce Tausi
Gw orangnya pemilih banget kalau urusan makan, contohnya makanan yang satu ini. Kaki ayam.

Tidak banyak juga yang menyukai olahan kaki ayam, alasannya ada yang geli ataupun berkata apa sih enaknya makan kaki ayam?.

Setelah dicoba, Tim Kaki Ayam Sauce Tausi di Nan Xiang mempunyai kematangan yang pas banget, jadi ketika dimakan tulang sedikit lunak dan kulit kaki ayam meluncur lembut ketika di seruput. 

Bahkan bumbunya pun meresap lezat sampai pada kulitnya, yang ini beneran enak deh. Rasanya juga tidak terlalu pedas, meski warna merahnya agak menyeramkan.




Tim Bakpao Isi Ayam
Bakpao yang biasa gw makan itu rasanya manis, ada yang kacang merah ataupun cokelat. Jarang rasanya makan bakpao dengan isian gurih seperti daging ataupun ayam. Entah menurut gw agak aneh aja.

Daging bun-nya lembut dan empuk banget. Isian ayam didalamnya yang berwarna merah ternyata enak, manis-manis gurih gitu. Tadinya agak khawatir dengan warna tersebut, takut kalau ini bukan daging ayam hehehe..

Tapi, tenang aja kok. semua sajian di Nan Xiang Halal.




Lumpia Tahu isi Udang
Nah, yang ini adalah kulit lumpia yang terbuat dari tahu kemudian berisikan udang dan di ikat dengan kulit nori.

Walau digoreng, akan tetapi tidak menghasilkan tekstur yang terlalu renyah. Masih lembut walaupun tidak terlalu kriuk. Rasanya tetap enak, apalagi di cocol sambel. iieeh.. lagi-lagi sambel emang duet yang pas ya. hehehe.




Onde-Onde Goreng
Siapa sih yang gak kenal makanan satu ini. Ketika datang dimeja, gw agak pesimis dan memastikan rasanya biasa aja kaya yang dijual di pasaran. wahahahha... 

Eh, ternyata gak loh. Kulit onde-ondenya yang super renyah serta isiannya yang enak banget. Asli ini enak banget. Bikin gw makan tiga aja kok kurang yaa..

Dimakan hangat bareng kopi pasti lebih klop. slurrpp..!!



Mantao
Yang ini juga bikin ngiler.. cobain deh



Buat yang penasaran dengan kuliner masakan chinese, Nan Xiang patut dicoba dan cocok untuk dinikmati bersama keluarga. Suasananya yang tenang, serta dekorasinya yang khas membuat nafsu makan makin meningkat deh.




Nan Xiang Steamed Bun Restaurant
Senayan City Mall
L-10B Lower Ground Floor
Jl. Asia Afrika Lot,19
Jakarta 10270
Telp. 021-7278121
Fax. 021-5707126

http://www.nanxiang.co.id/


Label: , ,